Menjelajahi Pulau Kelor {pulau seribu}

Rata-rata kalau ke Pulau Seribu, pasti menginap di Pulau Pari atau Pulau Harapan atau Pulau Bidadari. Tapi kali ini saya hanya sehari aja trip ke Pulau Seribu. Sebetulnya ke 3 pulau dalam sehari, yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Onrust. 

Kemarin saya berangkat hanya dengan Rp 82.000 tapi dapet ilmu sejarah banyaakk banget dari 3 pulau ini. Saya berangkat dari Muara Karang, Pluit dan saya pakai tour dari Travellokalindo lagi seperti trip sebelumnya. Perjalanan dari Muara Karang untuk sampai ke Pulau Kelor di tempuh 1 jam perjalanan menggunakan speed boat.

Pulau Kelor hanya secuil dataran di Pulau Seribu. Namun pulau kecil yang berjarak 1,8 km dari pesisir Jakarta itu menyimpan sejarah dari periode awal kota Batavia.






Benteng Martello dibangun oleh VOC pada abad ke 17 untuk menghadapi Portugis. Benteng Martello hanyalah saksi yang masih bertahan sampai sekarang dan ini merupakan bekas benteng pertahanan VOC. Benteng Martello adalah benteng bulat dari bata yang dibuat dengan meniru benteng Mortella di Corsica, sebuah pulau di Laut Tengah. Dulu, pulau Kelor adalah garda terdepan untuk mempertahankan Batavia dari serangan angkatan laut musuh yang menyerang dari samudera. Penjagan pulau akan memantau wilayah laut di depannya dan mengabarkan pada batavia jika kapal musuh mulai datang mendekat.












Banyak orang foto untuk pre-wedding di Pulau Kelor ini. Memang bagus untuk foto-foto prewedd.. Untuk tema vintage, feelnya bisa kerasa banget karena bangunannya yang mendukung. Untuk fotografer yang demen hunting foto dan yang hobby motret tempat ini bagus untuk sasaran motret. Saya rasa apa lagi kalau mengejar sunset disini pasti bakalan bagus banget. Selamat mencoba! :D

Sedikit Tips dari saya :
Pas di Muara Karang saat menunggu rombongan kumpul, saya ngobrol dengan warga setempat sambil menikati sate kerang yang mereka jual. Ternyata mereka memiliki kapal dan kita dapat sewa harian.. Jadi kalau ingin ke pulau-pulau yang ada di Pulau Seribu bisa sewa Rp 750.000 / kapal. Jadi kalau mau pergi bersama teman-teman ber20 gitu misalnya saran saya lebih enak sewa kapal sendiri. 

Love,
Desi Rigamanaya

Share this:

A Girl Behind Her Journey

Hello i'm Desi, nice to know you guys! I will sharing with you and this is my journey around culinary, nice places with amazing view (traveling) and sliced of my life. Hope y'all enjoy read my blog! :D Pls share and comment below. Thank you!

0 comments:

Post a Comment